SKRIPSI
Diajukan Kepada Program Studi Matematika Universitas Palangkaraya Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan
Diajukan Kepada Program Studi Matematika Universitas Palangkaraya Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan
Disusun
Oleh :
Romario
Petrus Pardosi
ACA 112 34
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
JURUSAN
PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PALANGKARAYA
Apakah perkembangan zaman saat ini sudah
maju.? Ya bisa di katakan seperti itu, saat ini zaman sudah masuk ke era ICT, Apa itu era ict? ICT merupakan singkatan dari Information and Technology, bisa di katakan
di era Information and Technolgy ini semua yang kita lakukan serba otomatis dan
mudah di lakukan. Seiring dengan era information and Technology itu juga sangat
berpengaruh juga untuk dunia penidikan, apa pengaruh era information and technolgy
untuk dunia pendidikan? Ya, pengaruh era information and technology bisa di
katakan berpengaruh terhadap dunia pendidikan dengan semakin banyaknya software-software
yang dapat di manfaatkan untuk dunia pendidikan, termasuk dunia pendidikan
matematika. Kita
sudah tahu bagaimana kerumitan pelajaran matematika, sebagai salah satu mata
pelajaran yang diajarkan di sekolah, matematika telah menjadi bagian yang tidak
terpisahkan dari ilmu pengetahuan lainnya. Matematika merupakan salah satu ilmu
dasar yang mempunyai peranan penting dalam upaya penguasaan ilmu pengetahuan
dan teknologi.
Seberapa penting pelajaran matematika di dunia pendidikan? Di
Indonesia, pentingnya matematika dapat kita amati dari waktu yang digunakan
dalam pelajaran matematika di sekolah, yaitu waktu yang digunakan lebih lama
dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya, serta pelaksanaan pendidikan
diberikan pada semua jenjang pendidikan yang dimulai dari Sekolah Dasar sampai
dengan Perguruan Tinggi. Dengan adanya pelajaran matematika pada semua jenjang
pendidikan, diharapkan siswa dapat berfikir logis, kritis, rasional dan percaya
diri. Namun sangat disayangkan, karena sampai saat ini, permasalahan yang
menjadi rahasia umum di dunia pendidikan kita adalahdaya tarik belajar
matematika peserta didik yang relatif rendah, yang menjadi pertanyaan kita apa
penyebab daya tarik peserta didik dalam pelajaran matematika itu relatif rendah?
ya, mungkin sangat banyak faktor-faktor yang mempengaruhi daya tarik belajar
pelajaran matematika peserta didikrelatif kurang, tapi tidak bisa kita pungkiri
lagi salah satu faktor utama daya tarik peserta didik belajar pelajaran
matematika salah satunya adalah karena Pembelajaran matematika masih berorientasi
pada keaktifan para pengajar, sehingga peserta didik terkesan menunggu materi yang di berikan pengajar dan
kurang memotivasi peserta didik untuk belajar matematika, pengajar memulai
pembelajaran dengan memberikan materi dan konsep kepada peserta didik setelah
itu peserta didik di berikan soal dan
latihan untuk di kerjakan. Proses
belajar mengajar atau cara menagajar
pengajar seperti tersebut cenderung monoton seperti biasa saja. Dalam
pembelajaran matematika di sekolah, guru hendaknya memilih dan menggunakan
strategi yang banyak melibatkan siswa aktif dalam belajar sehungga siswa dapat
mengamati, menebak, berbuat, mencoba, mampu menjawab pertanyaan dan berdiskusi.
Pembelajaran matematika memberikan siswa porsi yang lebih banyak dari guru,
bahkan siswa harus dominan dalam kegiatan belajar-mengajar, karena selain penggunaan atau pemilihan metode pembelajaran
biasaanya motivasi peserta didik dapat
juga di pengaruhi oleh penyajian materi dan media yang di gunakan penyaji. Apa
solusi dari oengajar untuk mengatasi masalah kurang motivasi peserta didik
dalam belajar pelajaran matematika tersebut? Nah, mungkin dengan semakin majunya jaman dan semakin
berkembangnya Techonolgy, bisa di manfaatkan oleh pengajar untuk
mempresentasikan atau mengajarkan kepada peserta didik bagaimana cara
mengintegrasikan Program Aplikasi yang bisa membantu dan mempermudah para
peserta didik agar tidak jenuh dengan proses belajar mengajar yang monoton
begitu saja, mungkin dengaran cara guru mengintegrasikan beberapa program
aplikasi yang dapat membantu dalam proses belajar dan mengajar dalam pelajaran
matematika dapat memotivasi peserta didik untuk ikut aktif dan memperhatikan
penjelasan dari pengajar sehingga dapat
memotivasi peserta didik dalam belajar pelajaran matematika.
Apa sebenarnya manfaat dan fungsi teknologi
untuk dunia pendidikan? Ya, kita harus menerima dengan semakin majunya jaman
dan teknologi sudah banyak sekali teknologi-teknologi atau alat-alat yang
canggih yang sangat bermanfaat untuk dunia pendidikan, terutama untuk pelajaran
matekatika. Apa saja teknologi-teknologi atau alat-alat yang sangat bermanfaat
untuk pelajaran matematika? Ya bisa saja kita sebutkan contohnya kalkulator, komputer
dan lain-lain . kita tahu sebelum majunya zaman ini , pelajar lebih menggunakan
alat penghitung manual atau yang bsia di sebut sempoa di bandingkan kalkulator. Jadi dengan adanya kalkulator pelajar lebih
praktis, cepat dan teliti dalam menghitung suatu soal matematika dan kemudian
dengan adanya komputer juga dapat sangat membantu dalam proses belajar dan
mengajar pelajaran matematika. Komputer
merupakan salah satu media yang masih popular di kalangan dunia pendidikan,
dimana komputer bisa membuat
pembelajaran menarik. Menurut Erman
Suherman, dkk (2003: 293)
mengemukakan komputer memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran matematika. Banyak hal absatrak yang
sulit dipikirkan peserta didik dapat dipresentasikan melalui
simulasi komputer. Hal ini tentu saja akan lebih menyederhanakan
jalan pikiran peserta didik dalam memahami matematika. Kenapa komputer juga sangat berpengaruh dalam
proses belajar dan mengajar pada pelajaran matematika.? Ya, kita mengetahui bahawa komputer merupakan
salah satu alat yang canggih dan dapat mudah di pergunakan pengajar dalam
mengajar dan peserta didik untuk belajar , karena komputer merupakan media yang
masih popular di kalangan siswa yang bisa membuat pembelajaran menarik.
komputer memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran,
khususnya dalam pembelajaran matematika. Hal ini tentu saja akan lebih
menyederhanakan jalan pikiran peserta didik dalam memahami matematika.Terdapat banyak beberapa
software matematika yang dapat di manfaatkan oleh pengajar untuk
mengintegrasikan program-program aplikasi dalam proses belajar mengajar pada
pelajaran matematika sehingga peserta didik dapat termotivasi untuk belajar
pelajaran matematika. Apa saja software matematika
yang dapat di manfaatkan oleh pengajar untuk mengintegrasikan
program-program aplikasi dalam proses belajar mengajar pada pelajaran matematika
tersebut ? Sangat banayak sekali beberapa software yang terdapat dalam program
aplikasi yang dapat membantu dalam proses belajar, Salah satunya adalah
aplikasi GeoGebra. Apa itu GeoGebra.? Ya mungkin nama program aplikasi GeoGebra
masih sedikit terdengar asing untuk dalam proses belajar mengajar dalam
pelajaran matematika. GeoGebra adalah software matematika yang
dinamis dan bersifat open source (free) untuk pembelajaran dan
pengajaran pelajaran matematika di sekolah . GeoGebra merupakan salah satu
software yang dapat membantu proses belajar mengajar dalam pelajaran matematika, bahkan juga dapat
membantu dalam penulisan bahan ajar dan lebih hebat lagi geogebra dapat
membantu dalam meyelesaikan soal matematika. GeoGebra merupakan sistem geometri
dinamik.apa kelebihan program aplikasi GeoGebra dalam pelajaran matematika?
Sangat banayak sekali kelebihan atau manfaat yang kita dapatkan dalam program
aplikasi GeoGebra, dalam menggunakan GeoGebra kita dapat melakukan konstruksi dengan titik,
vektor, ruas garis, garis, irisan kerucut, begitu juga dengan fungsi dan
mengubah hasil konstruksi selanjutnya. Selain itu dalam menggunakan GeoGebra
kita dapat memasukan persamaan dan
koordinat dapat secara langsung. Jadi Geogebra memiliki kemampuan menangani
varabel-peubah untuk angka, vektor, titik, menemukan turunan dan integral dari
suatu fungsi dan menawarkan perintah-perintah seperti Akar atau Nilai
Ekstrim. Kedua peninjauan karakteristik Geogebra di atas adalah: suatu
ekspresi pada jendela aljabar bersesuaian dengan suatu objek pada jendela
geometrid dan sebaliknya. Karena di dalam geogebra mengkombinasikan geometri,
aljabar, statistic dan kalkulus. Apa contoh pengintegrasian program aplikasi
GeoGebra dalam pelajaran matematika? sebagai contohnya dalam mengintegrasikan
program aplikasi geogebra ke dalam pelajaran matematika, seperti ketika dalam penggunaan manual untuk kita
menkonstruksikan titik, vektor, ruas garis dan sebuah fungsi kita akan sedikit
mengalami kesulitan dan memnbutuhkan keterampilan dan ketelitian kita untuk
menggambar di kertas milimeter atau kertas kotak, sehingga perserta didik
merasa kesulitan dalam menggambar dan kemudian menkonstruksikan titik, vektor,
ruas garis dan sebuah fungsi. Sehingga lama-kelamaan motivasi peserta didik
semakin menurung untuk belajar pelajaran matematika, sedangkan jika kita
menggunakan aplikasi Geogebra kita tidak harus perlu susah-susah untuk
meyiapkan kertas milimeter atau kertas kotak dan penggaris untuk menggambar,
dalam program aplikasi GeoGebra sudah terfasilitasi kita untuk menkonstruksikan
titik, vektor, ruas garis dan sebuah fungsi. Selain itu masih banyak beberapa
manfaat dari aplikasi GeoGebra untuk proses belajar mengajar dalam pelajaran
matematika seperti, GeoGerba Sebagai
media pembelajaran matematika. Sebagai contoh, salah satu materi di SMP
adalah persamaan garis lurus. Salah satu bentuk persamaan garis lurus adalah y
= mx + c. Persamaan ini mempunyai gradien m dan memotong sumbu Y di titik (0,
c). Semakin besar nilai gradien m maka garis semakin tegak, hal ini dapat
ditunjukkan dengan menggunakan geogebra. Bisa juga Geogebra sebagai alat
bantu menulis bahan ajar dimana terkadanng aplikasi Microsoft Word tidak dapat digunakan secara cepat untuk
menggambar sebuah grafik. Misal untuk
menggambar grafik fungsi f(x) = sin x, ketika kita menggambarkan persamaan
tersebut menggunakan aploasi Microsoft kita akan mengalami kesulitan, akan
tetapi dengan geogebra grafik fungsi tersebut dapat digambar dengan mudah. Dan hal yang terpenting adalah
aplikasi GeoGebra bisa membantu pengajar
dan peseta didik dalam menyelesaikan beberapa soal matematika, sehingga dapat
mebantu proses belajar mengajar pelajaran matematika. sehingga mungkin peserta didik juga akan
semakin penasaran dan akan tertarik lagi untuk belajar matematika sehingga motivasi peserta didik
dalam pelajaran matematika akan meningkat, karena Motivasi dalam belajar sangat dibutuhkan oleh
siswa untuk memperoleh hasil belajar
yang baik. Makin tepat motivasi yang diberikan, akan semakin berhasil pula pembelajaran yang dilaksanakan. Dimana
menurut Ngalim Purwanto (2000: 41) motivasi adalah suatu usaha yang disadari
untuk menggerakkan, mengarahkan dan menjaga tingkah laku seseorang agar ia
terdorong untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan
tertentu. Dan Menurut Mc. Donald
(Sardiman, 2004 : 73), motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya feeling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.
(Sardiman, 2004 : 73), motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya feeling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.
Jadi dengan semakin majunya perkembangan zaman dan
semakin majunya juga teknologi di harapkan dapat membantu dalam proses belajar
mengajar pelajaran matematika , dan juga dengan adanya program aplikasi
geogebra ini juga dapat memotivasi peserta didik untuk lebih motivasi lagi
dalam belajar matematika, karena dalam konsep aplikasi Geogebra membuat peserta
didik seperti sedang memainkan suatu permainan komputer dan peserta didik tidak akan merasa
jenuh dalam menyelesaikan soal matematika .
Namun
dalam fenomena kemajuan zaman dan semakin canggihnya teknologi , terdapat juga
hal-hal yang berdampak negatif dalam proses belajar mengajar pelajaran
matematika , berikut ada beberapa dampak-dampak negatif semakin majunya zaman
dan semakin canggihnya teknologi di dalam proses belajar mengajar pelajaran
matematika, seperti :
1. Peserta
didik akan cenderung mulai malas untuk menghitung secara manual , karena
peserta didik telah terbiasa menggunakan aplikasi geogebra yang otomatis dan sangat mudah dalam
proses penggunaannya.
2. Peserta
didik dalam mengerjakan soal matematika akan cenderung langsung pada hasil
jawaban tanpa memperhatikan kembali proses mengerjakan soal matematia tersebut.
3. Dalam
proses belajar mengajar juga pengajar juga mungkin akan terbatas dalam memilih
konsep memilih metode pembelajaran dan memilih media pembelajaran karena
terbatasi .
0 komentar:
Posting Komentar