Kamis, 19 Juni 2014

Meningkatkan Motivasi Peserta didik Dalam Belajar Matematika Menggunakan Aplikasi Geogebra

SKRIPSI
Diajukan Kepada Program Studi Matematika Universitas Palangkaraya Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan

     Disusun Oleh :
                           Romario Petrus Pardosi  
                                  ACA 112 34


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PALANGKARAYA



     Apakah perkembangan zaman saat ini sudah maju.? Ya bisa di katakan seperti itu, saat ini zaman sudah masuk ke era  ICT, Apa itu era ict?  ICT merupakan singkatan dari  Information and Technology, bisa di katakan di era Information and Technolgy ini semua yang kita lakukan serba otomatis dan mudah di lakukan. Seiring dengan era information and Technology itu juga sangat berpengaruh juga untuk dunia penidikan, apa pengaruh era information and technolgy untuk dunia pendidikan? Ya, pengaruh era information and technology bisa di katakan berpengaruh terhadap dunia pendidikan dengan semakin banyaknya software-software yang dapat di manfaatkan untuk dunia pendidikan, termasuk dunia pendidikan matematika. Kita sudah tahu bagaimana kerumitan pelajaran matematika, sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, matematika telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari ilmu pengetahuan lainnya. Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang mempunyai peranan penting dalam upaya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Seberapa penting pelajaran matematika di dunia pendidikan? Di Indonesia, pentingnya matematika dapat kita amati dari waktu yang digunakan dalam pelajaran matematika di sekolah, yaitu waktu yang digunakan lebih lama dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya, serta pelaksanaan pendidikan diberikan pada semua jenjang pendidikan yang dimulai dari Sekolah Dasar sampai dengan Perguruan Tinggi. Dengan adanya pelajaran matematika pada semua jenjang pendidikan, diharapkan siswa dapat berfikir logis, kritis, rasional dan percaya diri. Namun sangat disayangkan, karena sampai saat ini, permasalahan yang menjadi rahasia umum di dunia pendidikan kita adalahdaya tarik belajar matematika peserta didik yang relatif rendah, yang menjadi pertanyaan kita apa penyebab daya tarik peserta didik dalam pelajaran matematika itu relatif rendah? ya, mungkin sangat banyak faktor-faktor yang mempengaruhi daya tarik belajar pelajaran matematika peserta didikrelatif kurang, tapi tidak bisa kita pungkiri lagi salah satu faktor utama daya tarik peserta didik belajar pelajaran matematika salah satunya adalah karena Pembelajaran matematika masih berorientasi pada keaktifan para pengajar, sehingga peserta didik terkesan  menunggu materi yang di berikan pengajar dan kurang memotivasi peserta didik untuk belajar matematika, pengajar memulai pembelajaran dengan memberikan materi dan konsep kepada peserta didik setelah itu peserta didik di berikan soal  dan latihan  untuk di kerjakan. Proses belajar mengajar  atau cara menagajar pengajar seperti tersebut cenderung monoton seperti biasa saja. Dalam pembelajaran matematika di sekolah, guru hendaknya memilih dan menggunakan strategi yang banyak melibatkan siswa aktif dalam belajar sehungga siswa dapat mengamati, menebak, berbuat, mencoba, mampu menjawab pertanyaan dan berdiskusi. Pembelajaran matematika memberikan siswa porsi yang lebih banyak dari guru, bahkan siswa harus dominan dalam kegiatan belajar-mengajar, karena selain  penggunaan atau pemilihan metode pembelajaran biasaanya motivasi peserta didik  dapat juga di pengaruhi  oleh penyajian  materi dan media yang di gunakan penyaji. Apa solusi dari oengajar untuk mengatasi masalah kurang motivasi peserta didik dalam belajar pelajaran matematika tersebut? Nah, mungkin dengan semakin majunya jaman dan semakin berkembangnya Techonolgy, bisa di manfaatkan oleh pengajar untuk mempresentasikan atau mengajarkan kepada peserta didik bagaimana cara mengintegrasikan Program Aplikasi yang bisa membantu dan mempermudah para peserta didik agar tidak jenuh dengan proses belajar mengajar yang monoton begitu saja, mungkin dengaran cara guru mengintegrasikan beberapa program aplikasi yang dapat membantu dalam proses belajar dan mengajar dalam pelajaran matematika dapat memotivasi peserta didik untuk ikut aktif dan memperhatikan penjelasan dari pengajar  sehingga dapat memotivasi peserta didik dalam belajar pelajaran matematika.

            Apa sebenarnya manfaat dan fungsi teknologi untuk dunia pendidikan? Ya, kita harus menerima dengan semakin majunya jaman dan teknologi sudah banyak sekali teknologi-teknologi atau alat-alat yang canggih yang sangat bermanfaat untuk dunia pendidikan, terutama untuk pelajaran matekatika. Apa saja teknologi-teknologi atau alat-alat yang sangat bermanfaat untuk pelajaran matematika? Ya bisa saja kita sebutkan contohnya kalkulator, komputer dan lain-lain . kita tahu sebelum majunya zaman ini , pelajar lebih menggunakan alat penghitung manual atau yang bsia di sebut sempoa di bandingkan kalkulator.  Jadi dengan adanya kalkulator pelajar lebih praktis, cepat dan teliti dalam menghitung suatu soal matematika dan kemudian dengan adanya komputer juga dapat sangat membantu dalam proses belajar dan mengajar pelajaran matematika.   Komputer merupakan salah satu media yang masih popular di kalangan dunia pendidikan, dimana komputer  bisa membuat pembelajaran menarik. Menurut  Erman Suherman, dkk (2003: 293) mengemukakan komputer memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran matematika. Banyak hal absatrak yang sulit dipikirkan peserta didik dapat dipresentasikan  melalui  simulasi  komputer.  Hal ini tentu saja akan lebih menyederhanakan jalan pikiran peserta didik dalam memahami matematika.  Kenapa komputer juga sangat berpengaruh dalam proses belajar dan mengajar pada pelajaran matematika.? Ya,  kita mengetahui bahawa komputer merupakan salah satu alat yang canggih dan dapat mudah di pergunakan pengajar dalam mengajar dan peserta didik untuk belajar , karena komputer merupakan media yang masih popular di kalangan siswa yang bisa membuat pembelajaran menarik. komputer memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran matematika. Hal ini tentu saja akan lebih menyederhanakan jalan pikiran peserta didik dalam memahami matematika.Terdapat banyak beberapa software  matematika  yang dapat di manfaatkan oleh pengajar untuk mengintegrasikan program-program aplikasi dalam proses belajar mengajar pada pelajaran matematika sehingga peserta didik dapat termotivasi untuk belajar pelajaran matematika. Apa saja  software  matematika  yang dapat di manfaatkan oleh pengajar untuk mengintegrasikan program-program aplikasi dalam proses belajar mengajar pada pelajaran matematika tersebut ? Sangat banayak sekali beberapa software yang terdapat dalam program aplikasi yang dapat membantu dalam proses belajar, Salah satunya adalah aplikasi GeoGebra. Apa itu GeoGebra.? Ya mungkin nama program aplikasi GeoGebra masih sedikit terdengar asing untuk dalam proses belajar mengajar dalam pelajaran matematika. GeoGebra adalah software matematika yang dinamis dan bersifat open source (free) untuk pembelajaran dan pengajaran pelajaran matematika di sekolah . GeoGebra merupakan salah satu software yang dapat membantu proses belajar mengajar  dalam pelajaran matematika, bahkan juga dapat membantu dalam penulisan bahan ajar dan lebih hebat lagi geogebra dapat membantu dalam meyelesaikan soal matematika. GeoGebra merupakan sistem geometri dinamik.apa kelebihan program aplikasi GeoGebra dalam pelajaran matematika? Sangat banayak sekali kelebihan atau manfaat yang kita dapatkan dalam program aplikasi GeoGebra, dalam menggunakan GeoGebra kita  dapat melakukan konstruksi dengan titik, vektor, ruas garis, garis, irisan kerucut, begitu juga dengan fungsi dan mengubah hasil konstruksi selanjutnya. Selain itu dalam menggunakan GeoGebra kita dapat  memasukan persamaan dan koordinat dapat secara langsung. Jadi Geogebra memiliki kemampuan menangani varabel-peubah untuk angka, vektor, titik, menemukan turunan dan integral dari suatu fungsi dan menawarkan perintah-perintah seperti Akar atau Nilai Ekstrim. Kedua peninjauan karakteristik Geogebra di atas adalah: suatu ekspresi pada jendela aljabar bersesuaian dengan suatu objek pada jendela geometrid dan sebaliknya. Karena di dalam geogebra mengkombinasikan geometri, aljabar, statistic dan kalkulus. Apa contoh pengintegrasian program aplikasi GeoGebra dalam pelajaran matematika? sebagai contohnya dalam mengintegrasikan program aplikasi geogebra ke dalam pelajaran matematika, seperti ketika  dalam penggunaan manual untuk kita menkonstruksikan titik, vektor, ruas garis dan sebuah fungsi kita akan sedikit mengalami kesulitan dan memnbutuhkan keterampilan dan ketelitian kita untuk menggambar di kertas milimeter atau kertas kotak, sehingga perserta didik merasa kesulitan dalam menggambar dan kemudian menkonstruksikan titik, vektor, ruas garis dan sebuah fungsi. Sehingga lama-kelamaan motivasi peserta didik semakin menurung untuk belajar pelajaran matematika, sedangkan jika kita menggunakan aplikasi Geogebra kita tidak harus perlu susah-susah untuk meyiapkan kertas milimeter atau kertas kotak dan penggaris untuk menggambar, dalam program aplikasi GeoGebra sudah terfasilitasi kita untuk menkonstruksikan titik, vektor, ruas garis dan sebuah fungsi. Selain itu masih banyak beberapa manfaat dari aplikasi GeoGebra untuk proses belajar mengajar dalam pelajaran matematika  seperti, GeoGerba  Sebagai  media pembelajaran matematika. Sebagai contoh, salah satu materi di SMP adalah persamaan garis lurus. Salah satu bentuk persamaan garis lurus adalah y = mx + c. Persamaan ini mempunyai gradien m dan memotong sumbu Y di titik (0, c). Semakin besar nilai gradien m maka garis semakin tegak, hal ini dapat ditunjukkan dengan menggunakan geogebra. Bisa juga  Geogebra sebagai alat bantu  menulis bahan ajar  dimana terkadanng aplikasi Microsoft Word  tidak dapat digunakan secara cepat untuk menggambar sebuah grafik.  Misal untuk menggambar grafik fungsi f(x) = sin x, ketika kita menggambarkan persamaan tersebut menggunakan  aploasi  Microsoft kita akan mengalami kesulitan, akan tetapi dengan geogebra grafik fungsi tersebut dapat digambar dengan  mudah. Dan hal yang terpenting adalah aplikasi GeoGebra bisa membantu  pengajar dan peseta didik dalam  menyelesaikan  beberapa soal matematika, sehingga dapat mebantu proses belajar mengajar pelajaran matematika.  sehingga mungkin peserta didik juga akan semakin penasaran dan akan tertarik lagi untuk belajar  matematika sehingga motivasi peserta didik dalam pelajaran matematika akan  meningkat, karena  Motivasi dalam belajar sangat dibutuhkan oleh siswa untuk memperoleh  hasil belajar yang baik. Makin tepat motivasi yang diberikan, akan semakin berhasil  pula pembelajaran yang dilaksanakan. Dimana menurut Ngalim Purwanto (2000: 41) motivasi adalah suatu usaha yang disadari untuk menggerakkan, mengarahkan dan menjaga tingkah laku seseorang agar ia terdorong untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu.  Dan Menurut Mc. Donald
(Sardiman, 2004 : 73),  motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya feeling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. 
Jadi  dengan semakin majunya perkembangan zaman dan semakin majunya juga teknologi di harapkan dapat membantu dalam proses belajar mengajar pelajaran matematika , dan juga dengan adanya program aplikasi geogebra ini juga dapat memotivasi peserta didik untuk lebih motivasi lagi dalam belajar matematika, karena dalam konsep aplikasi Geogebra membuat peserta didik seperti sedang memainkan suatu permainan komputer  dan peserta didik tidak akan merasa jenuh  dalam  menyelesaikan soal matematika .

            Namun dalam fenomena kemajuan zaman dan semakin canggihnya teknologi , terdapat juga hal-hal yang berdampak negatif dalam proses belajar mengajar pelajaran matematika , berikut ada beberapa dampak-dampak negatif semakin majunya zaman dan semakin canggihnya teknologi di dalam proses belajar mengajar pelajaran matematika, seperti :
1.      Peserta didik akan cenderung mulai malas untuk menghitung secara manual , karena peserta didik telah terbiasa menggunakan aplikasi  geogebra yang otomatis dan sangat mudah dalam proses penggunaannya.
2.      Peserta didik dalam mengerjakan soal matematika akan cenderung langsung pada hasil jawaban tanpa memperhatikan kembali proses mengerjakan soal matematia tersebut.
3.      Dalam proses belajar mengajar juga pengajar juga mungkin akan terbatas dalam memilih konsep memilih metode pembelajaran dan memilih media pembelajaran karena terbatasi .

0 komentar: